Skip to main content

Google VLOGGER AI: Menghidupkan Foto dengan AI

Google VLOGGER AI: Menghidupkan Foto dengan AI

Ingin membuat video vlog tapi tak punya waktu untuk syuting? Teknologi terbaru dari Google, VLOGGER AI, mungkin bisa menjadi solusi. Adalah sistem kecerdasan buatan yang bisa membuat video realistis dari sebuah foto. 


VLOGGER, yang merupakan kependekan dari "Multimodal Diffusion for Embodied Avatar Synthesis", memanfaatkan machine learning untuk menganalisa hubungan antara audio, gerakan, dan penampilan visual. Dengan kata lain, VLOGGER AI bisa mengambil foto Anda, lalu menghidupkannya menjadi video dengan gerakan realistis dan suara yang sesuai. 

Teknologi ini tentunya membuka berbagai kemungkinan yang menarik. Ia tak hanya bisa dimanfaatkan oleh para vlogger, tetapi juga bisa diterapkan dalam bidang seperti: 

Jurnalisme:


Wartawan bisa menggunakannya untuk membuat reenactment berita atau menyampaikan informasi dengan avatar yang dibuat dari foto narasumber. 

Pendidikan:


Bisa digunakan untuk membuat materi pembelajaran yang lebih interaktif. 

Narasi:


Bisa menjadi alat bantu untuk membuat audiobook atau video story telling yang lebih imersif. 

Editing video:


Berpotensi untuk (penyederhanaan) proses editing video, seperti menambahkan voice over pada video yang sudah ada. 


Namun perlu dicatat, saat ini AI tersebut masih dalam tahap pengembangan. Belum ada informasi kapan teknologi ini akan tersedia untuk umum. Google baru merilis kode sumber di Github. 

Selain potensinya, teknologi ini juga memunculkan kekhawatiran. Kemampuannya untuk menciptakan deepfake yang realistis bisa disalahgunakan untuk menyebarkan berita bohong atau merusak reputasi seseorang. 

Dengan demikian, pengembangan teknologi VLOGGER AI perlu diimbangi dengan regulasi dan etika yang ketat.