Skip to main content

8 Nama Unik Indonesia yang Jarang Diketahui Sebelum Kemerdekaan

8 Nama Unik Indonesia yang Jarang Diketahui Sebelum Kemerdekaan

Sebanyak delapan nama unik untuk Indonesia yang tak banyak orang tahu. Beberapa nama ini begitu sempat dipakai oleh beberapa negara saat Indonesia masih dijajah.

Berikut 8 nama unik Indonesia yang tak banyak orang tahu sebelum merdeka melansir berbagai sumber pada, Jumat (25/08/23):

1. Dwipantara - tahun 78


Sebelum merdeka, Indonesia memiliki nama unik yang berasal dari Sansekerta. Dwipantara merupakan nama unik Indonesia yang populer pada tahun 78 M.

Julukan ini berasal dari dua kata yaitu “dwipa” yang artinya “pulau” dan “antara” yang artinya “luas”. Nama Dwipantara dibawa oleh orang Hindu ketika pertama kali datang ke Indonesia.

2. Nusantara - tahun 1336


Nama Nusantara pertama kali digunakan pada masa pemerintahan Majapahit tahun 1336 M. Terlihat dari Sumpah Palapa yang diucapkan oleh Gajah Mada. Saat itu Nusantara terkenal sebagai wilayah penghasil rempah-rempah dunia.

3. Hindia - tahun 1497


Setelah kedatangan Eropa tahun 1497, Nusantara berganti nama menjadi Hindia. Nama ini diberikan oleh Vasco Da Gama penjelajah asal Potugis yang dayang ke Indonesia pada abad ke-15.

Pemberian nama ini sesuai dengan letak geografis Indonesia yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia.

4. Hindia Belanda - tahun 1596


Belanda datang dan menjajah Hindia pada tahun 1596. Selama menjajah, bangsa kolonial menambahkan nama Belanda untuk memberikan penekanan bahwa Hindia merupakan negara jajahan Belanda.

5. Insulinde - tahun 1860


Penulis Belanda, Edward Douwes Dekker, mengusulkan mengganti nama Hindia Belanda menjadi Insulinde. Pasalnya nama Hindia Belanda menggambarkan citra negatif Belanda yang sedang menjajah Hindia. Penggantian nama bertujuan supaya penyebutan negara lebih enak didengar.

6. Kepulauan Melayu - tahun 1869


Nama unik Indonesia selanjutnya adalah Kepulauan Melayu. Tidak banyak orang tahu nama yang diberikan oleh penjelajah asal Inggris, Alfred Russel Wallace. Nama tersebut memiliki makna karena Indonesia berada di lautan Melayu.

7. To-Indo - tahun 1942


Penjajah Jepang juga sempat memberikan nama unik Indonesia yaitu To-Indo tahun 1942. To-Indo dalam bahasa Jepang artinya negara yang berada di Hindia Timur. Jepang menggunakan nama tersebut secara resmi selama menjajah Indonesia.

8. Indonesia - tahun 1945


Meski sudah beberapa kali berganti nama, bangsa Indonesia tetap memilih memiliki sendiri. Setelah merdeka tahun 1945, masyarakat memperjuangkan nama Indonesia sebagai nama negara resmi.

Demikian 8 nama unik Indonesia yang tak banyak orang tahu sebelum merdeka. 

Sumber: Okezone.com